PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI SMP
Main Authors: | Yulindar, Arvitri, Djudin, Tomo, ., Hamdani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18217 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18217/15377 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas remediasi penerapan model active learning yang mengalami miskonsepsi pada materi gerak lurus di kelas VIII SMP Negeri 2 Pontianak. Bentuk penelitian ini berupa pre-eksperimen menggunakan one group pretest-postest. Sampel penelitian terdiri dari 38 siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik pengukuran menggunakan tes diagnostik berbentuk pilihan ganda dengan alasan sebanyak 10 soal. Hasil analisis data diperoleh (183,64) > (3,84). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan miskonsepsi siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah remediasi menggunakan model active learning pada materi gerak lurus. Kata Kunci: Remediasi, Active Learning, Miskonsepsi Abstract: This study aims to determine effectiveness of remediation application of active learning models that have misconceptions on rectilinear motion in class VIII SMP Negeri 2 Pontianak. This research is the form of pre-experiment using a one group pretest-postest. The study sample consisted of 38 students of class VIII B SMP Negeri 2 Pontianak. Data collection technique used in the form of a measurement technique using multiple choice diagnostic tests with reason that have total 10 questions. The result of data analysis (183,64) > (3,84). This is representing there is a significant change student misconceptions between before and after remediation using active learning model in rectilinear motion material. Keywords: Remediation, Active Learning, Misconceptions