PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PROFESIONAL PADA SISWA SMP NEGERI 8 PONTIANAK

Main Authors: Fatimah, ., Heryana, Nanang, ., Syambasril
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17881
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17881/15217
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam menyampaikan laporan perjalanan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus, nilai rata-rata siswa yaitu 64,86. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 70,63. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 81,94. Persentase ketuntasan belajar siswa pada prasiklus yaitu 25%, mengalami peningkatan menjadi 41,66% pada siklus I, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,88%. Dengan demikian, pembelajaran peningkatan keterampilan berbicara siswa telah mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Kata kunci: berbicara, metode bermain peran profesional Abstract: The purpose of this study to describe the improvement of students' speaking skills in reporting trips. The method used is descriptive method. The average of students' score has increased from prasiklus, on the first cycle and the second cycle. In prasiklus, the average of students' score is 64.86. In the first cycle, the average of students' score increased to 70.63. In the second cycle, the average of students' score has increased to 81.94. The percentage of students on mastery learning prasiklus is 25%, increased to 41.66% on the first cycle, and increased in the second cycle into 88.88%. Thus, the improvement of students' speaking skills learning has increased from prasiklus, from the first cycle and the second cycle. Implementation of learning activities can be carried out properly so that the learning activities to run smoothly. Keyword: speaking, method of playing the role of a professional