KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
Main Authors: | Mulyadi, ., ., Aunurrahman, ., Masluyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17816 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17816/15167 |
Daftar Isi:
- Abstrak. Penelitian ini difokus pada (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah, (2) kinerja guru, (3) upaya kepala sekolah, (4) Hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SD Negeri 06 Emang Bemban. Sedangkan tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, upaya kepala sekolah dan hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian: Kepala sekolah dan 5 orang. Teknik yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi sebagai alat pengumpul data primer. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah dominan menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, gaya ini mampu meningkatkan kinerja guru, upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan rapat koordinasi, memberi arahan dan bimbingan dalam melaksanakan tugasnya. Sementara hamabatan yang dihadapi, minimnya fasilitas sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai. Kata Kunci: Kepemimpinan transformasional, Kepala Sekolah, Kinerja Guru Abstract. This research focused on (1) an overview of leadership style of the principal, (2) the performance of teachers, (3) the principal's efforts, and (4) Barriers in improving the performance of SDN teachers 06 Emang Bemban. This study aimed to get an overview of the style of leadership, the performance of teachers, the efforts, and the barriers of principal in improving the performance of teachers. This research is a descriptive qualitative approach. The subjects of the study: The principal and 5 teachers. The technique used in this study is a survey using interviews, observation and documentation as a means of collecting primary data. The results showed that the principal dominan apply transformational style, this style is able to improve the performance of teachers, the efforts made by the principal in improving teacher performance with the coordination, gave a direction and guidance in the development of his duties. While barrier faced, is the lack of school facilities and infrastructure of the school. Keywords: Transformational Leadership, Principal, Teacher’s performance