PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MAKE A MATCH DI KELAS V SD

Main Authors: Rohimah, Wasilatur, Asran, Mastar, ., Tahmid
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17808
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17808/15160
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan make a match di kelas V SDN 34 Pontianak Kota. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VC yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus dengan hasil yang diperoleh dari kemampuan guru merencanakan pembelajaran di siklus I yaitu 4,43, siklus II 4,83, dan siklus III 4,88. Pada kemampuan guru melaksanakan pembelajaran di siklus I yaitu 3,96 , siklus II 4,31 dan siklus III 4,62. Persentase aktivitas belajar siswa di siklus I yaitu 55,30 %, siklus II 82,38 %, dan siklus III 86,61 % yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 27,08 %, dan siklus II ke siklus III adalah 4,23 %. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 34 Pontianak Kota. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPS, Make A Match Abstract: The purpose of this research is describe the increased activity of students in social studies learning to use make a match in class V SDN 34 Pontianak City. The method used is descriptive method with research subjects are students of class VC totaling 34 people. This research was conducted as many as three cycles with the results obtained from the ability of teachers to plan learning in the first cycle that 4.43, 4.83 second cycle and the third cycle of 4.88. On the ability of teachers to implement teaching in the first cycle that 3.96, 4.31 second cycle and third cycle 4.62. The percentage of student learning activities in the first cycle, namely 55.30%, 82.38% second cycle and third cycle of 86.61% which increased from the first cycle to the second cycle was 27.08%, and the second cycle to the third cycle is 4 , 23%. It can be concluded that the use make a match can increase the activity of students in learning social studies in class V SDN 34 Pontianak City. Keywords: Learning Activities, Social Learning , Make A Match