PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN TEKNIK MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD

Main Authors: Jayanti, Adma, Asran, Mastar, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17807
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17807/15159
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas pembelajaran IPS dengan menggunakan teknik make a match pada siswa kelas IV SDN 35 Pontianak Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 35 Pontianak Selatan yang berjumlah 38 orang, dengan setting penelitian yaitu dalam kelas. Teknik pengumpul data yang digunakan teknik observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data adalah menggunakan rumus persentase. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran meningkat dari 3,47 pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 3,80 meningkat sebesar 0,33. Pada siklus III mencapai 3,85 meningkat sebesar 0,05 dan pada siklus IV mencapai 3,90 meningkat sebesar 0,05. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran meningkat dari 3,29 menjadi 3,58 meningkat sebesar 0,29 dari siklus I ke siklus II. Pada siklus III mencapai 3,79 meningkat sebesar 0,21 dan pada siklus IV mencapai 3,83 meningkat sebesar 0,04 dari siklus III ke siklus IV. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat dari 40,52% menjadi 63,16% meningkat sebesar 22,64% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus III mencapai 78,38% meningkat sebesar 15,22% dan pada siklus IV mencapai 85,74% meningkat sebesar 7,36%. Kesimpulannya penerapan teknik make a match pada kelas IV SDN 35 Pontianak Selatan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran IPS. Kata Kunci: Make a Match, aktivitas, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Abstract: This study aims to determine the increase in social studies learning activities using techniques make a match in the fourth grade students of SDN 35 South Pontianak. The method used in this research is descriptive method. Form of research is the Classroom Action Research. Subjects in this study is the fourth grade students of SDN 35 South Pontianak totaling 38 people, with research that is in the classroom setting. Data collection techniques used direct observation techniques. Data collection tool used was the observation sheet. The data analysis technique is to use a percentage formula. The results achieved in this research is the ability of teachers to plan learning increased from 3.47 in the first cycle and increased in the second cycle increased by 0.33 becomes 3.80. In the third cycle reach increased by 0.05 and 3.85 in the fourth cycle reached 3.90 increased by 0.05. The ability of teachers in implementing the learning increased from 3.58 to 3.29 be increased by 0.29 from the first cycle to the second cycle. In the third cycle reached 3.79 increased by 0.21 and 3.83 in cycle IV achieve an increase of 0.04 of the third cycle to cycle IV. Activities in the learning process increased from 40.52% to 63.16% increased by 22.64% from the first cycle to the second cycle. In the third cycle reached 78.38% increased by 15.22% and in the fourth cycle reaches 85.74% increased by 7,36%. In conclusion technique must make a match in the fourth grade elementary school 35 South Pontianak can improve the learning activities of Social Sciences. Keywords: Make a Match, activity, learning of Social Sciences.