PENGGUNAAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI MATERI GAYA SMP

Main Authors: VICTOR, PAULUS, Tandiililing, Edy, ., Hamdani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17701
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17701/15090
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model direct instruction berbantuan alat peraga sederhana dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada materi gaya di kelas VIII SMP Negeri 10 Sanggau. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Alat pengumpulan data berupa 8 soal pilihan ganda dengan 3 alternatif jawaban disertai dengan alasan terbuka. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang yang dipilih dengan teknik intact group. Berdasarkan analisis, profil miskonsepsi tertinggi saat pre-test adalah siswa beranggapan bahwa gaya sentuh temasuk gaya berat dan gaya gesek (83,3%), sedangkan profil miskonsepsi tertinggi saat post-test adalah siswa beranggapan bahwa besar gaya gesek pada benda tergantung besarnya massa yang dipindahkan (40%). Penurunan rata-rata miskonsepsi tiap siswa adalah 34,16% dan penurunan rata-rata miskonsepsi tiap konsep adalah 62,5%. Dari perhitungan effect size diperoleh d=0,643 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model direct instruction berbantuan alat peraga sederhana efektif dalam mereduksi jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi serta jumlah miskonsepsi siswa. Kata kunci: Remediasi, Miskonsepsi, Direct Instruction, Gaya Abstract: This study aims to find out the effectiveness of direct instruction method with simple model to remediate students’ misconceptions on forces in Class VIII of SMPN 10 Sanggau. This research is a pre-experimental design with one group pre-test post-test design. Its data collecting instruments are 8 multiple-choices questions with 3 options and added with open answer. The sample were 30 students choosen by using intact group technique. Based on the analysis, the highest misconception profile in the pre-test was the students believe that contact force includes in weight and friction force (83,3%), while the highest misconception profile in the post-test was the students believe that friction force exerted on an object depends on the amount of mass transmitted (40%). The average decline of each student is 34,16% and the average student of each concept is 62,5%. Of the calculation of effect size obtained d= 0,643 with the category of high. This shows that the application of direct instruction with simple model is effective to reduce the number of students with misconception and the misconception itself. Keywords: Remediation, Misconceptions, Direct Instruction, Force