PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATERI LARUTAN PENYANGGA SISWA SMA
Main Authors: | Fadila, Rismayana, ., Masriani, Sartika, Rody Putra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17683 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17683/15080 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar materi larutan penyangga siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Desain. Teknik cluster random sampling digunakan dalam menentukan sampel dan diperoleh sampel, yaitu kelas XI MIA 1 dan kelas XI MIA 3. Alat Pengumpul data adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil olahan data, rata-rata skor posttest kelas ekperimen 68,64 dan hasil rata-rata skor posttest kelas kontol 62,87. Hasil uji U-Mann Whitney diperoleh bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa kelas kontrol yang diajarkan menggunakan metode konvesional dengan siswa kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga. Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh sebesar 27,04% terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: model pembelajaran, inkuiri terbimbing, hasil belajar, larutan penyangga. Abstrack: This study aims ed to determine the effect of guided inquiry learning model toward learning outcomes buffer material on the eleventh grade students of SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. The method of this study is experimental research in the manner of research design Nonequivalent Control Group Design. Retrieval technique is cluster random sampling used in determining the sample and samples, classes namely XI MIA 1 and XI MIA 3 class. The data collection tool is achievement test. Based on the results of data processing, average score results of posttest in experiment class is 68,64 and average score results of posttest in control class is 62,87. The test result of U-Mann Whitney lobtainable that differences in learning outcomes between students in contro class taught using conventional methods with the experimental class taught using a model of guided inquiry on the material about buffer. The use of guided inquiry learning model contribute the influences amounted to 27,04% towards improving student learning outcomes. Keywords: learning model, guided inquiry, learning outcomes, buffer.