PENGARUH PENGGUNAAN KIT IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Nasrudin, Imam, ., Rosnita, Salimi, Asmayani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17674
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17674/15076
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh penggunaan KIT IPA terhadap hasil belajar siswa Kelas V SDN 35 Pontianak Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequevalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini 77 siswa terdiri dari 40 siswa kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 76,625 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 65,257. Dengan perbedaan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 11,368 dan memberikan pengaruh sebesar 0,99. Hal ini berarti pembelajaran dengan menggunakan media KIT IPA memberikan pengaruh dengan keriteri tinggi terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 35 Pontianak Selatan. Kata kunci : Pengaruh, Media KIT IPA, Hasil belajar Abstract: This study aims to analyze how much influence the KIT IPA on learning outcomes of students Class V SDN 35 South Pontianak. The method used is the method of quasi experiment with the design of the study is Nonequevalent Control Group Design. The sample in this study was 77 students consisting 40 students of class experiments and 37 students off class control. The results of research an average of the results of learning in class ekperiments of 76,625 and average of the results of learning class control of 65,257. With a differenc scores an average of the rsults of learning students of 11,368 and give the infuence of 0,99. This means learning by using KIT IPA to give effect to the high keriteri the learning outcomes of students Elementary School fifth grade 35 South Pontianak. Keywords: Effects, KIT IPA, learning outcomes