PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Authors: Sari, Septiana Dwi, ., Kaswari, Marli, Suhardi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17665
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17665/15069
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media audio terhadap keterampilan menyimak cerita rakyat di kelas V Sekolah Dasar Negeri 31 Pontianak Tenggara. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V A yang berjumlah 28 orang dan kelas V B yang berjumlah 25 orang. Hasil analisis data, diperoleh rata–rata posttest pada kelas ekperimen diperoleh sebesar 79,21 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,68. Hasil perhitungan effect size data hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar 87 diklasifikasikan dalam kategori sedang, yang berarti bahwa penggunaan media audio memberikan pengaruh terhadap keterampilan menyimak cerita rakyat di kelas V Sekolah Dasar Negeri 31 Pontianak Tenggara. Kata kunci: Media Audio, Keterampilan Menyimak Abstract: This study aims to determine how much influence the use of audio media on listening skills folklore in class V State Elementary School 31 East Pontianak. The method used is a quasi experiment with the design of the study is Nonequivalent Control Group Design. Samples were students of class V A totaling 28 people and class V B totaling 25 people. The results of data analysis, obtained an average posttest in the experimental class obtained at 79.21 while the control class is 70.68. The result of the calculation of effect size data of student learning experimental class and control class gained by 0.87 classified in the medium category, which means that the use of audio media influence on listening skills folklore in class V State Elementary School 31 Pontianak East. Keywords: Audio Media, Listening Skills