PENGEMBANGAN SUPLEMEN BUKU AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI BIOSINTESIS EIKOSANOID
Main Authors: | Reski, ., ., Hairida, ., Masriani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17641 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17641/15054 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat keterbacaan suplemen buku ajar berbasis kearifan lokal pada materi biosintesis eikosanoid yang dikembangkan berdasarkan hasil uji ahli (expert judgement) dan uji coba lapangan. Penelitian ini berbentuk penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengadopsi model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah suplemen buku ajar berbasis kearifan lokal yang diuji cobakan kepada mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Untan pada uji coba awal dan uji coba lapangan utama. Hasil analisis data menunjukkan bahwa suplemen buku ajar berbasis kearifan lokal sangat layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari kelayakan isi sebesar 93,33%, kelayakan kebahasaan sebesar 70%, kelayakan penyajian sebesar 90%, kelayakan kegrafikan sebesar 85%. Tingkat keterbacaan hasil uji coba lapangan awal sebesar 85,58%, dan pada uji coba lapangan utama sebesar 77,18%. Kata Kunci: Suplemen Buku Ajar, Kearifan Lokal, Biosintesis Eikosanoid. Abstrak: This research aimed to determine feasibility and reading level of supplement textbook based on local wisdom on eicosanoid biosynthesis material. It is developed based on test results the expert (expert judgment) and field trials. This research method was the research and development (R&D) which adopt a development model Borg & Gall. Subject of this research is a supplement textbook based on local wisdom that tested the students of Chemistry Education FKIP Untan in early trials and major field trials. The results of data analisis showed that supplement textbook based on local wisdom is very proper to use in learning of the content feasibility of 93.33%, linguistic feasibility of 70%, presentation feasibility of 90%, chart feasibility of 85%. The reading level initial field trials of 85.58%, and the main field trials of 77.18%. Keywords: Supplement Textbook, Local Wisdom, Eicosanoid Biosynthesis