MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SENAM STRADDLE VAULT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA PESERTA DIDIK SMA

Main Authors: Kartini, ., Hidasari, Fitriana Puspa, Haetami., Mimi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17634
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17634/15047
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pengembangan pembelajaran senam straddle vault melalui pendekatan bermain pada peserta didik Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan yaitu metode Penelitian dan pengembangan (R & D). Hasil penelitian berupa model pembelajaran dengan tiga bentuk varian permainan, yaitu : 1) lompat lingkaran, 2) lompat kotak, dan 3) lompat estafet. Berdasarkan penilaian evaluasi dari ahli dilihat dari isi materi, bahasa, dan format penulisan termasuk kategori baik. Pada uji skala kecil uji efektivitas terhadap nilai model diperoleh hasil signifikan yaitu rata-rata pertemuan kedua lebih besar pada pertemuan pertama. Pada uji skala luas uji tingkat keterlaksanaan terhadap nilai model hanya memperoleh hasil kategori baik dan sangat baik. Hal ini menunjukkan model pengembangan pembelajaran senam straddle vault melalui pendekatan bermain pada peserta didik Sekolah Menengah Atas efektif dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Model, Straddle Vault, Bermain Abstract: The purpose of this research to produce a model of the development of learning gymnastics straddle vault through play approach learners from high school. The method used is the method of research and development (R & D). Results of the research is a learning model with three variant form of the game, namely: 1) the jump circle, 2) jump box, and 3) jump relay. Based on the evaluation of an expert assessment visits of the content, language and writing format includes both categories. On the small scale test the effectiveness of the model values obtained significant results with an average of two larger meeting at the first meeting. On the broad scale test execution rate on the value of the model only obtain good results and excellent categories. It shows the development model straddle vault gymnastics learning through play approach learners High School, effective and appropriate for use in the learning process. Keywords: Model, Straddle Vault, Play