PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK TIME TOKEN KELAS V SD

Main Authors: Muharniati, ., Marli, Suhardi, Utami, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17613
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17613/15030
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Aktivitas siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial menggunakan model kooperatif teknik time token di kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Mempawah Hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak III siklus dan terjadi peningkatan disetiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (a) Kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran mulai dari siklus I yaitu 3,31, siklus II 3,48, dan siklus III 3,82. (b) Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran mulai dari siklus I yaitu 3,16, siklus II 3,48, dan siklus III 3,78. (c) Aktivitas belajar siswa pada materi peninggalan dan tokoh – tokoh sejarah Hindu, Budha dan Islam mulai dari siklus I yaitu 54,17%, siklus II 76,09%, dan siklus III 90,91%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif teknik time token dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Mempawah Hilir. Kata Kunci : Aktivitas Pembelajaran, Model Kooperatif, Teknik Time Token dan IPS Abstract: This research, using time token cooperative technique, aims to describe improvement of Activities on the learning process of Social Science Studies subject by fifth-grade students from Mempawah Hilir Elementary School 16. This research uses descriptive method with class action research. This research is done in three cycles dan there is improvement in every cycle. The results of this research are (a) Teacher’s ability in designing teaching plan from cycle I to III, respectively, are 3,31, 3,48, and 3, 82. (b) Teacher’s ability in executing learning procces from cycle I to cycle III, respectively, are 3,16, 3, 48, and 3, 78. (c) Students’s learning activity when studying artifacts and historical figures of Hinduism, Buddhism, and Islam, from cycle I to III, respectively, are 54,17%, 76,09%, and 90,91%. These results show that time token cooperative model can improve fifht-grade students’s learning activities in Mempawah Hilir 16 Elementary School. Keywords : Learning Activities, Cooperative Model, Time Token Technique, and Social Science Studies