PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA DOSEN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN

Main Authors: Heriana, Pelapina, ., Wahyudi, Chiar, H. M.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17606
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17606/15026
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kinerja dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan di Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian kolerasional yang menerangkan hubungan setiap variabel bebas dengan variabel terikat, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama, serta membuat prediksi variabel terikat atas setiap variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan (X1) tidak memiliki pengaruh positif terhadap variabel kinerja dosen (Y) dengan nilai koefisien -0,174.Variabel iklim kerja (X2) memiliki pengaruh positif terhadap variabel kinerja dosen (Y) dengan nilai koefisien 1,002, yang artinya jika institusi mempunyai iklim kerja yang baik, maka kinerja dosen akan meningkat. Gaya kepemimpinan dan iklim kerja dengan kinerja dosen adalah tingkat sedang (r = 0,773) dan berpola positif yang artinya semakin bertambah baik gaya kepemimpinan dan iklim kerja maka semakin baik pula kinerja dosennya. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Iklim Kerja, Kinerja dosen. Abstract: This study aims to determine The influence of leadership style and organizational climate on the performance of lecturers in the high school health Pontianak. This study uses a quantitative approach with a form of correlational research the explains the relationship of each independent variable and with a bound, either alone or together as well as make predictions of the dependent variable over the independent variable. Leadership style variable (X1) does not have a positive effect on the variable performance of lecturer (Y) with the coefficient of -0.174. Working climate variables (X2) has a positive effect on the variable performance of lecturer (Y) with the coefficient of 1.002, that means if an institution has a good working climate, then the lecturer's performance will increase. Leadership style and working climate with performance of th lecturer is is medium level (r = 0.773) and positive pattern, that increasing better leadership style and work climate the better the performance of the lucturers. Key Words: Leadership Style, Work Climate, Lecturer Performance.