PERSEPSI ANGGOTA MASYARAKAT SEKITAR TENTANG PERILAKU MENYIMPANG (MESUM) YANG TERJADI DI WARUNG JAGUNG BAKAR KELURAHAN SIANTAN HULU PONTIANAK

Main Authors: Yudha, Sandi, ., Rustiyarso, Salim, Izhar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17527
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17527/14956
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Anggota Masyarakat Sekitar Warung Jagung Bakar tentang Perilaku Mesum yang terjadi Di Warung Jagung Bakar Siantan Hulu. Masalah umum penelitian ini ialah bagaimana persepsi Anggota Masyarakat Sekitar Warung Jagung Bakar tentang Perilaku Mesum yang terjadi Di Warung. Bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, sedangkan alat pengumpulan data adalah panduan observasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat sekitar, memiliki persepsi yang berbeda terhadap perilaku menyimpang yang terjadi di warung tersebut. 1) pemilik warung menganggap perilaku tersebut merupakan perilaku yang melanggar norma namun memberikan keuntungan terhadapnya, 2) pelanggan menganggap perilaku mesum yang dilakukannya merupakan perilaku yang wajar dan biasa dilakukan saat melakukan aktivitas pacaran, 3) masyarakat menganggap perilaku tersebut meresahkan dan harus dihilangkan karena sudah melanggar norma serta nilai yang dianut. Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Warung Mesum Abstract: This study aims to determine the perception of Neighborhood Community Members around the Roasted Corn Shop on nasty behavior that occurs in the Roasted Corn Shop Siantan Hulu. The general problem of this study is how the perception of the Neighborhood Community Members around the Roasted Corn Shop on nasty behavior that occurs in there. The form of the study that is used is a qualitative method of data collection through descriptive method. The data collecting techniques are observation, interview and documentation study, while the data collection tools are the observation guide, interview guide and documentation. The research shows that people around there, have a different perception of the nasty behavior which occurs in that shop.1) the shop owner considers such behavior is the behavior that violates norms but give advantage to them, 2) customer considers that nasty behavior like that is a normal behavior and it is used to when doing courtship activity, 3) the community considers such behavior disturbing and should be eliminated because it violates normand values that is embraced by its community. Key Word : Perception, Community, Nasty Stalls