KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL DI SDN 29KELAS III PONTIANAK UTARA
Main Authors: | Febriani, Ratih, ., Kaswari, Sabri, Tahmid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17475 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17475/14887 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah perlunya inovasi dalam menyajikan materi pembelajaran bahasa Indonesia yang sekiranya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian Penelitian Tindakan Kelas dan sifat penelitian kolaboratif. Hasil penelitian menggunakan media audio visual mengalami peningkatan. Untuk skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran pada siklus 1 (rata-rata 2,98), siklus 2 (rata-rata 3,42), ada peningkatan sebesar 0,44 dan pada siklus 3 (rata-rata 3,85), ada peningkatan sebesar 0,43. Pada kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus 1 (rata-rata 2,96), siklus 2 (rata-rata 3,42), ada peningkatan sebesar 0,46, dan pada siklus 3 (rata-rata 3,83), ada peningkatan sebesar 0,41. Sedangkan pada keterampilan membaca intensif siswa siklus 1 (rata-rata 36,36%), siklus 2 (rata-rata 60,61%), ada peningkatan sebesar 24,25, dan pada siklus 3 (rata-rata 78,79%) ada peningkatan sebesar 18,18%. Dengan demikian, dapat dikatakan terdapat peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, serta terdapat Peningkatan keterampilan membaca intensif siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media audio visual. Kata kunci: Keterampilan Membaca Intensif, Media Audio Visual Abstract: The purpose of this study is the need for innovation in serving Indonesian learning materials that are likely to improve the ability of students to understand the content of reading that will improve student learning outcomes. This research used descriptive research form of classroom action research and collaborative nature of the research. The results using audio-visual media has increased. To score the ability of teachers plan learning in cycle 1 (average of 2.98), cycle 2 (average 3.42), there was an increase of 0.44 and the third cycle (average 3.85), there was an increase of 0.43. On the ability of teachers in implementing the learning cycle 1 (average of 2.96), cycle 2 (average 3.42), there was an increase of 0.46, and in cycle 3 (average 3.83), there was an increase 0,41. While in intensive reading skills of students in Cycle 1 (average 36.36%), cycle 2 (average 60.61%), there was an increase of 24.25, and in the third cycle (average 78.79%) there was an increase of 18.18%. Thus, it can be said there is an increase in the ability of teachers to plan and implement learning, and there Improved intensive reading skills of students in learning the Indonesian language by using audio visual media. Keywords: Intensive Reading Skills, Media Audio Visual