PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR KOMIK SISWA SMA SANTO FRANSISKUS ASISI PONTIANAK

Main Authors: Saputra, Abang Yuda, ., Syambasril, Wartiningsih, Agus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17434
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17434/14856
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil menulis paragraf naratif siswa dengan menggunakan media gambar komik. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis siswa SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai KKM 75 yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru, siswa kelas XC dan dokumen yang terkait. Data dalam penelitian ini adalah RPP, hasil observasi guru dan hasil belajar menulis paragraf naratif. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran, observasi dan studi dokumenter. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan adalah 66,94. Pada siklus I menggunakan media gambar komik, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 72. Selanjutnya, nilai pada siklus II meningkat lagi dengan rata-rata 7,571. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terjadi peningkatan pada nilai siswa dalam menulis paragraf naratif menggunakan media gambar komik. Kata kunci: keterampilan menulis, paragraf naratif, gambar komik. Abstract: This study aims to increase the students write a narrative paragraph using drawing of comics. This research is motivated poor writing skills of high school students of Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Values ​​obtained student does not reach KKM 75 set by the school. The method used in this research is descriptive and qualitative forms of research. The data source of this research is the teacher, students of class XC and related documents. The data in this study is the RPP, the observation of teachers and value to write a paragraph of narrative. The technique used in this research is measurement techniques, observation and documentary studies. The average value of student learning outcomes before implementation action is 66.94. In the first cycle using media images of comics, the learning outcomes of students has increased by an average of 72. Furthermore, the value of the second cycle increased again to an average of 7.571. Based on these results an increase in the value of students in writing a narrative paragraph using media images of comics. Key words : writing skills, narrative paragraphs, drawing comics.