PENGARUH LATIHAN MEDIA BOLA GANTUNG TERHADAP TEKNIK DASAR SMASH BOLA VOLI SISWA EKSTRAKULIKULER SMKN 03
Main Authors: | Aprianto, Trio, Triansyah, Andika, Yunitaningningrum, Wiwik |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17433 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17433/14855 |
Daftar Isi:
- Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan teknik dasar smash bola voli melalui latihan media bola gantung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian true exsperimental design dan rancangan menggunakan pretest-postest control group design. Populasi menggunakan seluruh siswa laki-laki yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli yang berjumlah 20 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan 10 siswa sebagai kelas kontrol dan 10 siswa kelas eksperimen yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t.Hasil penelitian yang didapatkan rata-rata hasil smash siswa ekstrakurikuler pada tes awal kelas kontrol 12.00 dan rata-rata tes akhir 16.10 dengan selisih atau jumlah peningkatan sebesar 4.1 sedangkan kelas eksperimen tes awal 11.90 dan rata-rata tes akhir 19.00 dengan selisih atau jumlah peningkatan sebesar 7.1. Nilai dari posttest kelas eksperimen dan kelas control dengan nilai signifikan 0.026< 0.05 sehingga hipotesis alternatif diterima yaitu terdapat pengaruh latihan dengan menggunakan media bola gantung pada teknik dasar smash. Adapun persentase peningkatan teknik dasar smash pada siswa ekstrakulikuler SMKN 3 Pontianak adalah sebesar 59,66 %. Kata Kunci: latihan Bola Gantung, Smash Bola Voli, ekstrakurikuler Bola Voli Abstract: This study aims to determine the increase in the basic techniques of a volleyball smash through exercises using a hanging ball media. The method used in this study is quantitative with a true experimental design research type and pretest-posttest control group design. The population used were all male students who participate in extracurricular volleyball consisting of 20 people. The research sampling used simple random sampling technique with 10 students as a control group and 10 students who participate in extracurricular volleyball as the experimental class. Data analysis was performed using t-tests. Results of the study were obtained with an average result of extracurricular students’ smash in the control group during the early test was 12.00 and the average final test 16.10 with a difference or an amount increase of 4.1 whereas the experimental group early test was 11.90 and the average final test 19.00 with a difference or an amount increase of 7.1. The value of the posttest experimental group and control group was significant 0.026 < 0.05 so the alternative hypothesis is accepted that there are effects of exercises using a hanging ball media on the basic smash techniques. The percentage increase in the basic smash techniques on extracurricular students of SMK 3 Pontianak was 59.66%. Keyword: hanging ball exercise, volley ball smash, volleyball extracurricular