PEMBELAJARAN MENEMUKAN BAHAN DISKUSI MELALUI MEMBACA INTENSIF PADA SISWA SMP NEGERI 8 PONTIANAK

Main Authors: Lili, Darlia, Wartiningsih, Agus, Sanulita, Henny
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17431
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17431/14854
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meraih tingkat pemahaman yang tinggi dengan harapan dapat mengingatnya dalam waktu yang relatif lama, serta dapat mengembangkan keterampilan dalam membaca dengan detail. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik tes/evaluasi, dan teknik dokumentasi. Data yang dianalisis berupa data penelitian yang terkumpul dari hasil observasi dan perekaman. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa komponen Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru memiliki 2 (dua) kesalahan dari 12 (dua belas) kriteria RPP. Pada kegiatan inti, guru mencantumkan tiga hal penting dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan KTSP yaitu Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK). Kegiatan inti pada pertemuan pertama berbeda dengan kegiatan inti pertemuan kedua. Perbedaan terletak pada pemberian tugas yang akan dikerjakan oleh siswa yaitu pertemuan pertama pemberian tugas dengan cara berdiskusi, sedangkan pertemuan kedua pemberian tugas secara individu. Kata kunci: menemukan bahan diskusi, membaca intensif. Abstract: The purpose of this study to achieve a high level of understanding with the hope to remember them in a relatively long time, and can develop skills in reading in detail. The method used is descriptive and qualitative terms. This research data collection using observation, engineering test / evaluation, and technical documentation. Data were analyzed in the form of research data collected from the observation and recording. Based on the analysis of data it can be concluded that the components of Learning Implementation Plan (RPP) made the teacher has two (2) errors of 12 (twelve) criteria RPP. At its core activities, the teacher lists the three important things in learning activities that use SBC namely exploration, elaboration, and Confirmation (EEK). Core activities at the first meeting is different from the second meeting of its core activities. The difference lies in the provision of the task to be done by the students is the first meeting of assignment by way of discussion, while the second meeting of the administration task individually. Keywords: find the discussion, intensive reading.