IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN DI RA BABUSSALAM PONTIANAK UTARA

Main Authors: Rambu Basai, Annisyah Cikal, R, Marmawi, ., Lukmanulhakim
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17425
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17425/14849
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang implementasi kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran, diantaranya untuk mengetahui kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran di RA Babussalam Pontianak Utara, untuk mengetahui kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di RA Babussalam Pontianak Utara, dan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengevaluasi pembelajaran di RA Babussalam Pontianak Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Objek penelitiannya adalah guru S1 di RA Babussalam Pontianak Utara yang berjumlah 5 orang. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi langsung, wawancara dan dokumentasi dengan alat pengumpul data berupa panduan observasi, panduan wawancara dan dokumentasi menggunakan kamera. Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran di RA Babussalam terlaksana cukup baik. Hal ini disebabkan karena guru tidak mempersiapkan RKH pembelajaran sehingga pelaksanaan pembelajaran menjadi tidak teratur dan guru juga jarang melakukan evaluasi pembelajaran. Kata kunci : Implementasi Kompetensi Pedagogik, Guru, Pembelajaran Abstract: This study aimed to obtain information on the implementation of pedagogical competence of teachers in learning, such as to determine the ability of teachers to plan learning in RA Babussalam north Pontianak, to determine the ability of teachers to plan learning in RA Babussalam north Pontianak, to determine the ability of teachers in implementing the learning in RA Babussalam north Pontianak, and to determine the ability of teachers to evaluate learning in RA Babussalam north Pontianak. The research method used is descriptive method with qualitative research approach. S1 reseach object is a teacher in RA Babussalam north Pontianak amounting to 5 people. The technique used is the technique of direct observation, interviews, and documentation with a data collector in the form of observational guide, interview, and documentation using a camera. The results of data analysis showed that the implementation of pedagogical competence teachers in RA Babussalam north Pontianak done quite well. This is because teachers do not prepare RKH learning so that the implementation of learning becomes irregular and teachers rarely do the evaluation of learning. Keywords: Implementation pedagogical, teachers, learning.