IMPROVING SMP BAWARI STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY IN TEACHING DESCRIPTIVE TEXT USING PWIM STRATEGY
Main Authors: | Mirnawati, ., ., Regina, Susilawati, Endang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17420 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17420/14846 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Picture Word Inductive Model (PWIM) strategi bisa meningkatkan penguasaan kosa kata siswa dalam pembelajaran teks deskriptif pada siswa-siswa kelas VII B di SMP Islam Bawari Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Alat-alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah test penguasaan kosa kata, catatan kaki dan daftar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa-siswa bisa mempraktekkan dan mengidentifikasi pengucapan dan pengejaan, mereka bisa mengkombinasikan objek didalam gambar dengan kata-kata yang tepat dan mereka bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan kata-kata. Peningkatan juga bisa diliaht dari hasil tes siswa. Pada siklus pertama, ada tujuh siswa yang diklasifikasikan kurang dan beberapa siswa diklasifikasikan cukup. Tapi, pada siklus kedua, klasifikasi kurang menurun dan tersisa dua siswa yang berada dalam klasifikasi kurang, sementara yang lainnya sudah memenuhi standar KKM. Kata kunci: Penguasaan kosa kata, strategi PWIM Abstract: This research was conducted to find how Picture Word Inductive Model (PWIM) strategy can improve students’ vocabulary mastery in teaching descriptive text to class VII B students at SMP Islam Bawari Pontianak. The method used in this research is classroom action research. The tools of data collection were vocabulary mastery test, field notes and observation checklist. The result showed that students can practiced and identified the pronunciation and spelling, they can combined the objects in the picture with correct words and they can improve their ability in using the words. The improvement also can be seen from the result of the students score. In the first cycle, there were seven students classified in poor and some students in average classification. But, in the second cycle, poor classification decrease and leave two students while the others score have fulfilled the KKM standard. Keyword: Vocabulary Mastery, PWIM strategy