ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF ABJAD TK PERTIWI II PONTIANAK
Main Authors: | Sari, RR.Nunung Sinta, ., Aunurrahman, ., Sutarmanto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1739 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1739/pdf http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/downloadSuppFile/1739/227 |
Daftar Isi:
- This study entitled "Analysis of the Use Alphabet Cards on Introduction Alphabet Learning in Kindergarten Pertiwi II Pontianak. This study aims to determine the use of media of learning introduction alphabet cards children aged 4-5 years in kindergarten Pertiwi II Pontianak. The method used descriptive qualitative approach. The results showed that the alphabet card is not fully qualified teachers in the selection of instructional media. Implementation of literacy learning look active children learn to recognize alphabet, alphabet cards makes it easy for children to recognize shapes and sounds of alphabet. The success rate of learning the alphabet recognition the media card on B1 group children in kindergarten Pertiwi II Pontianak when presented is 72.7% of children recognize of the alphabet and 27.7% of children do not know of the alphabet. Abstrak : Penelitian ini berjudul Analisis Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Abjad TK Pertiwi II Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran pengenalan huruf abjad anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi II Pontianak. Metode yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf yang digunakan guru belum sepenuhnya memenuhi syarat dalam pemilihan media pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran pengenalan huruf anak terlihat aktif belajar mengenal huruf, media kartu huruf memberikan kemudahan bagi anak untuk mengenal bentuk dan bunyi huruf. Tingkat keberhasilan pembelajaran pengenalan huruf abjad dengan media kartu huruf pada anak kelompok B1 di TK Pertiwi II Pontianak bila dipresentasikan adalah 72.7% anak mengenal huruf abjad dan 27,7% anak belum mengenal huruf abjad. Kata Kunci : Media Kartu Huruf, Pengenalan Huruf Abjad