PENGARUH LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PONTIANAK
Main Authors: | Weni, Fransiska, ., Asrori, ., Purwanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17357 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17357/14803 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk membahas dan mendeskripsikan tentang “Pengaruh layanan penempatan dan penyaluran terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pontianak”.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian studi hubungan. Jumlah populasi 326 dan jumlah sampel 53. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, dengan alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan inventori. Teknik analisis data yang digunakan adalah anaisis deskriptif dengan rumus persentase dan analisis indeks determinasi.Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa layanan penempatan dan penyaluran mencapai 88%, sedangakan motivasi belajar mencapai 89%. Pengaruh layanan penempatan dan penyaluran terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Pontianak mencapai 90,44% berada pada kategori sangat singnifikan. Kesimpulannya adalah semakin baik layanan penempatan dan penyaluran oleh guru bimbingan konseling maka semakin baik motivasi belajar siswa. Kata kunci: layanan penempatan dan penyaluran, motivasi belajar siswa Abstract: The general objective of this study was to discuss and describe the "Influence of the placement and distribution services to the students' motivation in class VIII junior high school 1 Pontianak country".This method used is descriptive method with quantitative approach. Forms of research is research association studies. Total population is 326 and the number of samples 53. Techniques of collecting data used is the technique of indirect communication, with data collection tool is questionnaire and inventory. Data analysis technique used is descriptive formula anaisis percentage and index analysis determination. Based on the results of data analysis showed that the placement and distribution services reach 88%, while the motivation to learn as high as 89%. Effect of placement and distribution services to the students' motivation in public junior high school 1 Pontianak reached 90.44% in the category of very singnifikan. The conclusion is that the better the placement and distribution services by counseling teachers, the better the students' motivation. Keywords: placement and distribution services, student motivation