ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI
Main Authors: | Nugroho, Widhi Satya, ., F.Y Khosmas, ., Okiann |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17289 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17289/14752 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi BKK pendidikan akuntansi angkatan 2013. Metode yang di gunakan adalah ex-post-facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor internal dan eksternal dapat mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru, dan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat mahasiswa pendidikan ekonomi menjadi guru adalah Faktor Internal, yaitu: Faktor Sikap dan Kepribadian dengan persentase varians 49,8%. Kata Kunci: Faktor yang mempengaruhi, Minat Menjadi Guru Abstract: The purpose of this study was to determine the factors that influence student interest as a teacher in student education department of accounting education BKK economic force in 2013. The method used is the ex-post-facto. The technique of collecting data using questionnaires and documentation. The analysis technique used is factor analysis. Based on the results of this study concluded that the internal and external factors can affect the interests of students as a teacher, and the most dominant factor in influencing student interest in economic education to become a teacher is the internal factor, namely: Attitude and personality factors with the percentage variance of 49.8%. Keywords: Factors that influence, interest Become Teachers