PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI SMP
Main Authors: | Riyana, Dayang, ., Sugiatno, Nursangaji, Asep |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17210 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17210/14689 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes untuk mengukur kemampuan representasi matematis dalam materi persamaan garis lurus di SMP. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Tahap pertama dalam penelitian ini adalah self-evaluation, dilanjutkan dengan uji coba one-to-one yang dijalankan secara paralel dengan experts review. Kemudian uji coba lapangan pada tahap small group dan diakhiri tahap field test. Analisis data kualitatif digunakan pada tahap awal (one-to-one dan experts review), sedangkan analisis data kuantitatif digunakan pada tahap uji coba lapangan (small group dan field test). Hasil penelitian diperoleh berupa seperangkat instrumen tes yang layak digunakan berdasarkan hasil expert review untuk mengukur kemampuan representasi matematis, yang meliputi kemampuan translasi dan transformasi. Sedangkan kualitas instrumen tes kemampuan translasi diperoleh tidak baik karena tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan, dan instrumen tes kemampuan transformasi memiliki kualitas yang baik. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Instrumen Tes, Kemampuan Representasi Matematis Abstract: The purpose of research is to develop test instrument to measure the ability of mathematical representation in equations with two variables in Junior High School. The methodology that use is a research and development. The first phase in this research is self-evaluation, in the next phase is one-to-one pilot which run in parallel with experts review. Then pilot field in the small group phase and the last is field test phase. Qualitative data analisys is used in the beginning phase (one-to-one and experts review), while quantitave data analisys is used in the pilot field (small group and field test). The research results in the form of a set the test instrument that decent used to measure the ability of mathematical representation based on the result of experts review, included the ability of translation and transformation. While the test instrument quality about the ability of translation is not good because doesn’t satisfy the criteria have been set, and the test instrument about the ablity of transformation has a good quality. Keywords: Development Research, The Test Instrument, The Ability of Mathematical Representation