PENGARUH TEKNIK TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMAN 2 SAMBAS

Main Authors: Abdah, Nur, ., Parijo, Syahrudin, Husni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17170
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17170/14659
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Sambas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi exsperimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa dan kelas X D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa. Hasil analisis data dengan pemberian post-test yang dilakukan pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen 85,57 dan nilai rata-rata hasil kelas kontrol 76,81. Dari hasil post-test ini terlihat bahwa rat-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (kelas Eksperimen) dan yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (kelas eksperimen) model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (kelas kontrol). Kata Kunci: pengaruh, model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray, hasil belajar. Abstract: This study aimed to analyze whether the use of Cooperative Learning Model Two Stay Two Stray technique can improve student learning outcomes Class X SMAN 2 Sambas. The method used in this research is the experimental method. Form of experimental research design used was quasi exsperimental. The sample in this research is class X C as control classes totaling 36 students and class X D as an experimental class numbering 35 students. The results of the data analysis by providing post-test performed on the second class average values ​​obtained post-test results of the experimental class 85.57 and the average value of the results of the control class 76.81. From the results of post-test have shown that rat-average results of post-test experimental class is higher than the control class which means that there are differences in learning outcomes of students who use cooperative learning techniques Two Stay Two Stray (class Experiment) and taught without using models cooperative learning techniques Two Stay Two Stray (experimental group) model of cooperative learning techniques Two Stay Two Stray (control group). Key words: effect, cooperative learning model two stay two stray technique, learning outcomes.