PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV SD
Main Authors: | Oyen, Lorensius, ., Kaswari, ., Rosnita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17137 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17137/14629 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode role playing. Metode yang digunakan deskriptif. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian bersifat kolaboratif. Penelitian dilakukan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 54 Pontianak Barat dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukan keterampilan berbicara siswa pada base line, siswa yang tuntas yaitu 14 orang sedangkan yang tidak tuntas 18 orang dengan nilai rata – rata 71,25 dari 32 siswa, meningkat pada siklus I terlihat dari jumlah siswa yang tuntas yaitu 18 orang sedangkan yang tidak tuntas yaitu 14 orang dengan nilai rata – rata 72,71 dari 32 siswa, pada siklus II mengalami peningkatan terlihat, siswa yang tuntas yaitu 28 orang sedangkan yang tidak tuntas 4 orang dengan nilai rata – rata 83,15 dari 32 siswa, pada siklus III kembali mengalami peningkatan terlihat dari siswa yang tuntas yaitu 31 orang sedangkan yang tidak tuntas 1 orang dengan nilai rata – rata 94,06 dari 32 siswa. Dapat disimpulkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 54 Pontianak Barat. Kata Kunci: peningkatan, keterampilan berbicara, metode role playing Abstrack: The purpose of research is to improve students' speaking skills using role playing. The method used descriptively. Form of research is classroom action research. Research is collaborative. The study was conducted in classes IV State Elementary School 54 West Pontianak with research subjects are students of fourth grade totaling 32 people. The results showed the students' speaking skills base line, students who completed ie 14 people, while the incomplete 18 people with value - average 71.25 of 32 students, increasing in the first cycle can be seen from the number of students who completed ie 18 people while not complete with 14 people with value - average 72.71 from 32 students in the second cycle increased visible, students who completed at 28 people, while incomplete 4 people with value - average 83.15 of 32 students, the third cycle back increased visible from students who completed ie 31 people, while an incomplete one person with value - average 94.06 of 32 students. It can be concluded that the method of role playing can improve students' speaking skills in learning Indonesian in class IV State Elementary School 54 West Pontianak. Keywords: improvement, speaking skills, role playing method