PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI SMA
Main Authors: | Agustina, Erita, ., M. Chiar, ., Wahyudi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17057 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17057/14578 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang konperehensip mengenai pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan oleh kepala sekolah di SMA Negeri 3 Sintang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber datanya terdiri dari kepala sekolah, guru, Staf Tata Usaha, ketua komite, dan siswa. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terstruktur dan mendalam, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan melakukan member chek, kecukupan referensi, dan melakukan triangulasi. Hasil kesimpulan sebagai berikut: (1) Prestasi akademik siswa di SMA Negeri 3 Sintang, sudah cukup baik. (2) Pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan oleh kepala sekolah SMA Negeri 3 Sintang sudah cukup baik, (3) Upaya yang dilakukan pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di SMA Negeri 3 Sintang adalah mengikuti program yang telah dilaksanakan oleh sekolah yaitu IHT, belajar sendiri melalui buku dan internet, Kata Kunci: Prestasi, Pemberdayaan, pendidik dan tenaga kepandidikan, Abstract: This study aimed to obtain information konperehensip the empowerment of teachers and school principals in SMA Negeri 3 Sintang.This research is a qualitative descriptive penelitain . Source data is comprised of the principal, teachers , staff Administration, chairman of the committee , and students . Data collection procedures performed by observation , and in-depth structured interviews , and documentation . Checking the validity of the findings made by the member check , the adequacy of reference , and triangulate . The results of the following conclusions : ( 1) The academic performance of students in SMA Negeri 3 Sintang , is good enough. ( 2 ) Empowering educators and education by the principal of SMA 3 Sintang is good enough. ( 3 ) The efforts of teachers and to improve the academic achievement of students at SMA Negeri 3 Sintang is a program that has been implemented by the school that the IHT , taught himself through books and the internet. Keywords: Academic, Empowerment, educators and education personnel