PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN PADA PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IIS SMA TARUNA BUMI KHATULISTIWA
Main Authors: | Veronika.S, Ina, ., Parijo, ., Khosmas |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16928 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16928/14501 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan pada prestasi belajar siswa kelas X IIS SMA Taruna Bumi khatulistiwa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi langsung, komunikasi langsung, dan studi dokumenter dengan alat pengumpul data pedoman observasi, pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan informan pembina pramuka, dan siswa kelas X IIS SMA Taruna Bumi Khatulistiwa . Kesimpulanya adalah peranan kegiatan kepramukaan yang ada di SMA Taruna Bumi Khatulistiwa memberikan hal positif bagi siswa contohnya lebih banyak menerima masukan (input), lebih cekatan dalam menerima materi, mandiri, dewasa, memiliki jiwa kepemimpinan dan lebih disiplin dalam mengikuti proses belajar. Kata Kunci : Kepramukaan, Prestasi Belajar Abstract : This study aims to determine the role of extracurricular activities scouting in class X student achievement IIS SMA Taruna Earth equator. The approach used in this study is a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques used is by direct observation, direct communication, and documentary studies with data collection tool guidelines for observation, interview and documentation study. Sources of data in this study using primary data sources and secondary data sources. The analysis in this study are presented in descriptive qualitative by using informants scoutmaster, and class X SMA Taruna IIS Earth Equator. The conclusion is the role of scouting activities in SMA Taruna Earth's Equator provides a positive thing for students for example, more accepting inputs, more nimble in receiving the material, independent, mature, leadership potential and be more disciplined in following the learning process. Keywords :Scouting, Learning Achievement