PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 16 PONTIANAK

Main Authors: Melianti, Evi, Heryana, Nanang, ., Syambasril
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16835
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16835/14452
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji secara mendalam mengenai rencana pembelajaran menulis dongeng, pelaksanaan pembelajaran menulis dongeng, dan evaluasi pembelajaran menulsi dongeng pada siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 16 Pontianak tahun pembelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dan bentuk kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik observasi langsung, menggunakan tes dan dokumentasi. Alat yang digunakan untuk mengumpul data berupa pedoman observasi berupa APKG I dan APKG II. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Hasil analisis dalam pembelajaran menulis dongeng pada siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 16 Pontianak tahun pembelajaran 2015/2016, peneliti dapat menyimpulkan bahwa guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia yaitu Ibu Euis Tarliana, M.Pd. sudah dapat dikatakan memenuhi persyaratan yang diperlukan sebagai perlengkapan dalam membuat perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Kata Kunci: Pembelajaran menulis, dongeng Abstract: The purpose of this study was to examine in depth about the lesson plan writing fairy tales, fairy tale writing learning implementation, and evaluation of learning menulsi fairy tales to the first semester of seventh grade students of SMP Negeri 16 Pontianak learning year 2015/2016. The method used in this research is descriptive and qualitative terms. The technique used in this study is the direct observation techniques, using tests and documentation. The tools used to collect the data in the form of guidelines for observation form APKG APKG I and II. The analysis technique used in this research is a qualitative descriptive. The analysis technique used in this research is a qualitative descriptive. The results of the analysis in learning to write a story on the first semester of seventh grade students of SMP Negeri 16 Pontianak learning year 2015/2016, the researchers conclude that the teachers of Indonesian language and literature is Mrs. Euis Tarliana, M.Pd. can already be said to meet the necessary requirements as a fixture in the planning of learning, learning implementation, and evaluation. Keywords: Learning to write, tales