TEACHING READING COMPREHENSION ON NARRATIVE TEXT THROUGH CONTENT LITERACY STRATEGY

Main Authors: Fauziah, ., Rosnija, Eni, Bunau, Eusabinus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16824
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16824/14451
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan untuk mengetahui apakah pengajaran pemahaman membaca pada teks naratif menggunakan strategi content literacy dapat meningkatkan kemampuan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode pre-experimental. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari Kubu Raya tahun ajaran 2015/2016. Temuan dari penelitian ini yaitu nilai rata-rata pada pre-test adalah 61.96 dan nilai rata-rata pada post-test adalah 72.50. Nilai interval dari pre-test dan post-test pada pengajaran pemahaman membaca teks naratif adalah 10.54. Perbedaan yang signifikan dari pencapaian siswa dapat pula dibuktikan dengan nilai dari t-test lebih tinggi dari t-table (15.27 > 2.051). Efek pengukuran dari perlakuan pada pengajaran pemahaman membaca pada teks naratif menggunakan strategi content literacy adalah 2.88 (kriteria tinggi). Efek pengukuran dari perlakuan menunjukkan bahwa pengajaran pemahaman membaca pada teks naratif menggunakan startegi content literacy meningkatkan pencapaian siswa. Kata kunci: pemahaman membaca, teks naratif, strategi content literacy Abstract: This research aim to investigate and to find out whether teaching reading comprehension on narrative text through content literacy strategy could increase the students’ performance. The research was conducted in a pre-experimental method. The subject of the research was the eighth grade students of SMP Kemala Bhayangkari Kubu Raya in academic year 2015/2016. The finding of the research was the mean score of pre-test is 61.96 and the mean score of post-test is 72.50. The interval score of pre-test and post-test in teaching reading comprehension on narrative text is 10.54. The significant different students’ achievement can also be proved by the value of t-test is higher than t-table (15.27 > 2.051). The effect size of teaching reading on narrative text through content literacy strategy is 2.88 (Highly criteria). The effect size of treatment shows that teaching reading comprehension on narrative text through content literacy strategy increasing students’ achievement. Keywords: reading comprehension, narrative text, content literacy strategy