PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PONTIANAK
Main Authors: | Bahrudin, ., Susilowati, Endang, ., Syambasril |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16804 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16804/14436 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran menyusun teks diskusi yang baik dan kesesuaian dengan kurikulum 2013 ditinjau dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di kelas VIII SMPN 3 Pontianak. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung, kuesioner, dan tes. Alat pengumpul data adalah pedoman observasi, angket, dan butir soal. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa perencanaan pembelajaran (RPP) yang dirumuskan guru dalam pembelajaran menyusun teks diskusi untuk tiga kali pertemuan sudah mencermin pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dalam tiga kali pertemuan terlaksana sesuai petunjuk kurikulum 2013. Evaluasi yang dilakukan guru belum memuat secara lengkap penilaian tiga ranah yang diharuskan dalam kurikulum 2013, yaitu ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kata Kunci: Teks Diskusi, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi Abstract: The purpose of this research was to found out the good learning of discussion text writing and suitability with the curriculum 2013 viewed from planning, implementation, and evaluation learning aspects at VIII grade SMPN 3 Pontianak. The methode applied in this research was a descriptive methode and the qualitative form. The data collecting technique were direct observation, questionnaire, and test. The data collecting instruments were observation guide, questionnaire, and test instructions. Based on data analysis was discovered that learning plan (RPP) formulated by the teacher in the learning of discussion text writing reflects the learning based on curriculum 2013. The learning implementation which consist of preliminary activities, core activities, and closing activities done suitability with the curriculum 2013. The evaluation done by the teacher were not completely containing three domains of evaluation which included attitude, knowledge, and skill. Keyword: Discussion Text, Planning, Implementation, Evaluation