PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA ULANG MENGGUNAKAN METODE JIGSAW II PADA SISWA KELAS XI
Main Authors: | Anggrainy, Desti, Sanulita, Henny, Wartiningsih, Agus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16803 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16803/14435 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa terutama menulis teks cerita ulang biografi yang dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar, rendahnya hasil keterampilan menulis siswa terutama menulis teks cerita ulang biografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus mencakup beberapa kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 3 Pontianak tahun ajaran 2015/2016. Data dalam penelitian ini berupa kemampuan siswa menulis teks cerita ulang biografi menggunakan metodeJigsaw IIyang dilihat dari nilai tes dan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tindakan yang dilaksanakan pada penelitian tindakan kelas ini, menghasilkan simpulan bahwa pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi menggunakan metodeJigsaw II dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerita ulang biografi siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 3 Pontianak tahun ajaran 2015/2016. Nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerita ulang biografi sebelum menggunakan metode Jigsaw II adalah 67, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus 1, nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerita ulang biografi siswa meningkat menjadi 74,8. Dan setelah dilaksanakan tindakan perbaikan pada siklus 2 nilai rata-rata menulis teks cerita ulang biografi siswa meningkat menjadi 81,6. Kata Kunci: Teks cerita ulang biografi, Jigsaw II Abstract: This researchwas motivated by the lack of students activities in the teaching learning process, pooroutcome of students’ writing skills, especially writing biographical recounted story texts.This is a class actionresearch consisting of two cycles. Each cycle includes several activities, i.e.planning, implementation, observation, and reflection. Sources of data in this study are students and teacher of Indonesian language of the eleventh grade students of marketing major 2 SMKN 3 Pontianak in the Academic Year of 2015/2016. The data in this study were in the form of student's ability to write biographical recounted story texts using cooperative learning method ofjigsaw II which was assessed from the test score and the learning process.The conclusion of this research is that the instruction of writing biographical recounted story texts using cooperative learning method of jigsaw II can improve the ability to write biographical recounted story textsamongthe eleventh grade students of Marketing Major 2 SMKN 3 Pontianak in the Academic Year of 2015/2016. The average score of the ability to write biographical recounted story textsbefore using the learning method ofjigsaw II was 67, after treatment was given in the first cycle, the average score increased to 74.8. And after the application of treatment in the second cycle, the average score of students’ ability to write biographical recounted story texts increased to 81.6. Keywords:Biographical recounted story texts, Jigsaw II.