PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATERI REDOKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA

Main Authors: Radhiana, Ainun, ., Masriani, Hadi, Lukman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16801
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16801/14432
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan model problem based instruction (PBI) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran materi redoks dan besarnya pengaruh penggunaan model PBI terhadap pemahaman konsep siswa pada materi redoks. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 MAN 2 Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian “nonequivalent control group design”. Alat pengumpul data yang digunakan terdiri dari tes pemahaman konsep yang terdiri dari pretest dan posttest. Berdasarkan analisis statistik dengan uji U-Mann Whitney diperoleh Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan model PBI dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Model PBI juga memberikan pengaruh sebesar 33,89% terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: problem based instruction, pemahaman konsep, redoks Abstract: The purpose of this study was to determine the differences between conceptual understanding of students who were taught by problem based instruction (PBI) model and conventional learning model. In addition to this study, the purpose was also to determine the extent of effect of PBI model to conceptual understanding of students. Two classes from grade X MAN 2 Pontianak participated in this study. Non equivalent control group design of quasi-experimental was the study design. The conceptual understanding test and interview guideline were used to collect data. According to statistical analysis using U-Mann Whitney test, it could be stated that Asymp.Sig (2-tailed) amount 0,000 < 0,05 which means there were differences between conceptual understanding of students who were taught by PBI model and conventional learning model. The extent of effect of PBI model on students’s conceptual understanding was 33,89%. Keywords: problem based instruction, understanding of concept, redox