PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SDN 15 SEGEDONG

Main Authors: F 34210423, Nurpidda, Uliyanti, Endang, Tampubolon, Budiman
Format: Article info application/pdf eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1658
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1658/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak :Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kelas V SDN 15 Segedong Bengkayang. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 15 Segedong Bengkayang.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dan berbentuk penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif.Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi langsung dengan alat pengumpul data lembar observasi guru, teknik pengukuran dengan alat pengumpul data instrument tes.Evaluasi belajar bilangan pangkat dua mengalami peningkatan. Pada siklus I kemampuan guru merencanakan pembelajaran mencapai skor rata-rata 2,75 siklus II rata-rata 3,07 dan siklus III rata-rata 3,40. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran siklusI skor rata-rata 2,87 silkus II rata-rata 3,15 dan silkus III rata-rata 3,40.Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 57,14 siklus II rata-rata 68,21 dan siklus III rata-rata 80,00. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : penerapan, pembelajaran matematika realistik, hasil belajar Abstract: Application of Realistic Mathematics Learning Toward Improved Learning Outcomes Class V SDN 15 Segedong Bengkayang. The purpose of this study was to describe the increase in class V student learning outcomes SDN 15 Segedong Bengkayang. The research method used is descriptive, and the form of action research that is collaborative. The technique used in this study is the direct observation of the data collection tool teacher observation sheets, engineering data collection tool measurement with the test instrument. Evaluation study ranks number two on the increase. In the first cycle teachers plan learning ability achieving an average score of 2.75 on average cycle II and cycle III 3.07 average 3.40. Teachers' ability to implement the learning cycle I score an average of 2.87 silkus II average silkus III 3.15 and 3.40 average. While the learning outcomes of students in the first cycle an average of 57.14 average cycle II and cycle III 68.21 average 80.00. It is shown that by applying realistic approach to mathematics learning can improve student learning outcomes.