MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD: AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MATERI HIDROLISIS GARAM
Main Authors: | Suwanda, Adela Rizka, ., Masriani, Sartika, Rody Putra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16570 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16570/14326 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan siswa yang diajar tanpa model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan besarnya pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pontianak pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis menggunakan uji U-Mann Whitney. menunjukan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model STAD dengan siswa yang diajar tanpa metode STAD (Asymp.Sig (2-tailed)=0,000<0,05 dan 0,001<0,05). Pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD ini memberikan pengaruh sebesar 27,64% terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci : STAD, Aktivitas, Hasil Belajar Abstract: The aims of this study were to determine differences of students activity and learning outcomes of students who were taught using cooperative learning model Student Teams Achievement Division (STAD) with students taught without learning model STAD, and also to find out the influence of the learning model STAD in learning outcomes eleven grade students of SMA Negeri 5 Pontianak on the salt hydrolysis material. This research was a quasi-experimental research with the research design was Nonequivalent Control Group Design. Samples were selected by cluster random sampling, XI IPA 3 class as experiment class and XI IPA 4 class as control class.. Statistic analysis using the U-Mann Whitney test shows that there are differences in learning activities and outcomes among students taught using STAD method with the students taught without STAD method (Asymp.Sig (2-tailed)=0,000<0,05 and 0,001<0,05). This STAD learning model gave the effect of 27.64% on improving student learning outcomes. Keywords: STAD, activities, learning outcomes