EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR FLUIDA DINAMIS SISWA DI SMA

Main Authors: KIKI, MARGARETA, Tiur Maria S, Haratua, ., Hamdani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16508
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16508/14299
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT terhadap hasil belajar fluida dinamis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan cara intact group. Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes essay sebanyak 6 soal. Berdasarkan uji U Mann-Whitney, diperoleh Zhitung < -Ztabel (-4,12 < -1,96). Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT (kelas eksperimen) lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian, disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 41,27% dengan effect size 1,39 (kategori tinggi). Oleh karena itu, pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran fisika di sekolah. Kata Kunci: Hasil Belajar, REACT, Fluida Dinamis Abstract: This research aims to determine the effectiveness of contextual learning with REACT strategies towards student’s dynamic fluid achievement in XI IPA Class SMA Negeri 9 Pontianak. The method of this research is Quasy Experimental using The Nonequivalent Control Group Design. The sample of this research consists of two classes using intact group sampling, they are XI IPA 3 as experiment group and XI IPA 2 as control group. The data were collected using essay tests which consist of six questions. Based on U Mann-Whitney, Zhitung<-Ztabel (-4.12 < -1.96). The achievement of the students which treated using contextual learning with REACT strategies (experiment group) is higher than the students with convensional learning (control group). In conclusion, the contextual learning with REACT strategies increase 41.77% on student’s achievement with the effect size 1.39. Therefore, the contextual learning with REACT strategies can be used as an alternative physics learning in school. Keywords: Student’s Achievement, REACT, Dynamic Fluid