KETERAMPILAN KERJA ILMIAH PADA MATERI IDENTIFIKASI ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
Main Authors: | F02112072, Santy, ., Hairida, Rasmawan, Rahmat |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16301 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16301/14172 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil keterampilan kerja ilmiah siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi identifikasi asam basa serta perbedaan keterampilan kerja ilmiah siswa SMA Negeri 9 Pontianak tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan rancangan penelitian one grup pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan teknik komunikasi langsung. Setelah dilakukan olah data, hasil pretest menunjukan bahwa keterampilan kerja ilmiah siswa berada pada kategori tidak terampil, kurang terampil, dan terampil secara berturut-turut sebesar 5,41%, 78,38%, dan 16,22%, sedangkan hasil posttest menunjukan bahwa keterampilan kerja ilmiah siswa berada pada kategori kurang terampil, terampil, dan sangat terampil secara berturut-turut sebesar 2,70%, 51,35%, dan 45,95%. Hasil uji Wilcoxon menunjukan terdapat perbedaan keterampilan kerja ilmiah sebelum dan setelah pembelajaran. Kata kunci: keterampilan kerja ilmiah, inkuiri terbimbing, identifikasi asam basa Abstract: This aimed of this study is to describe the profile of scientific work skills of students before and after the guided inquiry learning model is applied to the material identification acids and bases as well as different scientific working skills of students SMA Negeri 9 Pontianak academic year 2015/2016. This study uses a pre-experimental research design one group pretest-posttest. The sample in this study were students of class XI IPA 1 by sampling using purposive sampling technique. Collecting data using measurement techniques and techniques of direct communication. After data processing, the results show that the pretest scientific work skills of students that are in the category of unskilled, less skilled, and unskilled respectively by 5.41%, 78.38%, and 16.22%, while the results show that the posttest scientific work skills of students that are in the category of less-skilled, skilled and highly skilled in a row amounted to 2.70%, 51.35%, and 45.95%. Wilcoxon test results showed there were differences of scientific work skills before and after learning. Keywords: scientific work skills, guided inquiry, identification of acid-base