PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SUB MATERI SPERMATOPHYTA DI SMA

Main Authors: Listiani, Endang, ,, Syamswisna, ., Yokhebed
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16226
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16226/14130
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa pada sub materi Spermatophyta di kelas X SMA Negeri 8 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design, dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 2 (kelas eksperimen) dan kelas X MIA 4 (kelas kontrol) tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Hasil analisis menunjukkan rata-rata KPS siswa yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 22,42, lebih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata KPS yang diajar menggunakan pembelajaran langsung sebesar 19,37. Dari uji U Mann Whitney, diperoleh -Zhitung < -Ztabel yaitu -2,92 < -1,96 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara KPS yang diajarkan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung pada sub materi Spermatophyta di kelas X SMA Negeri 8 Pontianak. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Spermatophyta Abstract: This research was aimed at knowing the effects of the model of guided-inquiry towards students’ science process skills in the sub-material of Spermatophyte in grade X at SMA Negeri 8 Pontianak. The research method was quasy-experimental with non-equivalent control group design. Samples were class X MIA 2 (experimental group) and class X MIA 4 (control group) the school year 2015/2016. The instruments was thirty multiple choice tests. After given the treatment of guided-inquiry, the mean scores of students’ science process skills tests reached 22, 42 while after given the treatment direct instruction was 19,37. Based on U Mann Whitney test, obtained -Zcount < -Ztable i.e -2,92 < -1,96 which means that there were significant distinction of students’ science process skills between students who were taught using guided-inquiry and direct instruction in the sub-material of Spermatophyte in grade X at SMA Negeri 8 Pontianak. Keywords: Guided Inquiry, Science Process Skills, Spermatophyte