PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN TIPE MAKE A MATCH KELAS V SD
Main Authors: | Susasmi, Eva, Asran, Mastar, ., Rosnita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16145 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16145/14069 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan Model Kooperatif tipe Make A Match Kelas V SDN 17 Pontianak Utara. Dalam metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas dan kolaboratif. Subjek penelitian 31 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) kemampuan guru merancang pembelajaran IPS menggunakan model kooperatif tipe make a match dari siklus I, yaitu 3,07, siklus II, yaitu 3,38 dan siklus III yaitu 3,73, 2) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS menggunakan model kooperatif tipe make a match mulai dari siklus I, yaitu 2,75, siklus II, yaitu 3,05 dan siklus III, yaitu 3,63, 3) peningkatan rata-rata belajar siswa mulai dari siklus I, yaitu 75,69, siklus II, yaitu 77,63, siklus III, yaitu 80,86. Dengan menggunkan model kooperatif tipe make a match hasil belajar siswa dengan kriteria sangat baik Kata Kunci : Make A Match, Hasil Belajar, IPS, Kelas V. Abstract : The purpose of this research is improving the learning outcomes of students in the Social Sciences using Model Cooperative type Make A Match Class V SDN 17 North Pontianak. In a descriptive method to form a class action and collaborative research. Subject of the study 31 students. The results obtained are: 1) the ability of teachers to design learning social studies using a model of cooperative make a match of the first cycle, which is 3.07, the second cycle, the third cycle are 3.38 and 3.73, 2) the ability of teachers in implementing the learning IPS uses a model of cooperative make a match from the first cycle, which is 2.75, the second cycle, namely 3.05 and the third cycle, ie 3,63, 3) an increase in average student learning from the first cycle, which is 75, 69, the second cycle, namely 77.63, the third cycle, ie 80.86. By using a model of cooperative make a match learning outcomes of students with very good criteria. Keywords: Make A Match, Results Learning, IPS, class V.