PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 6 PONTIANAK

Main Authors: Lestari, Bunga Indah, ., Aminuyati, ., Parijo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16108
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16108/14046
Daftar Isi:
  • Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas X IIS 1 SMA Negeri 6 Pontianak. Masalah ini adalah apakah sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan. Populasinya berjumlah 32 Siswa. Data diambil dengan teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung/angket serta studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar Siswa ditunjukan dengan formulasi Y = 1,785 + 1,298X. Berdasarkan perhitungan menggunakan program komputer Statistical Product and Service Solution (SPSS 16.0), dihasilkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 3,784 >2,0423. Oleh karena t hitung> t tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi mempunyai pengaruh sebesar 32,3%. Kata Kunci: Sumber Belajar, Hasil Belajar Abstract: This study aims to determine the effect of learning resources on student learning outcomes on economic subjects IIS 1 Class X SMAN 6 Pontianak. The issue is whether the learning resource effect on student learning outcomes on economic subjects. The method used is descriptive method with the form of research studies the relationship. A population of 32 students. Data taken with the technique of direct communication, indirect communication techniques / questionnaire and documentary study. Data were analyzed using simple linear regression. The results showed that the learning resources have an impact on student learning outcomes shown with formulations of Y = 1,785 + 1,298X. Based on calculations using computer program Statistical Product and Service Solution (SPSS 16.0), resulting t count> t table is 3.784> 2.0423. because t count> t table then Ha accepted and Ho rejected, which means there are significant learning resources to the learning outcomes on economic subjects Students have the effect of 32.3%. Keywords: Learning Resources, Learning Outcomes