PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI SMA WISUDA

Main Authors: Andriyani, Wiwik, Bahari, Yohanes, ., Parijo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16030
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16030/13974
Daftar Isi:
  • Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Wisuda Pontianak. Masalah penelitian, bagaimana persiapan model pembelajaran student teams achivement divisions pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Wisuda Pontianak. Metode penelitian adalah metode penelitian eksperimen dengan pre-experimental design dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian adalah Siswa 30 Orang. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Alat pengumpul data adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil belajar Siswa dengan menggunakan model STAD yang tuntas sebanyak 18 Orang Siswa dengan presentase sebesar 60% sedangkan Siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 Orang Siswa dengan presentase sebesar 40% dengan nilai rata-rata 75,17. Sedangkan nilai Siswa pada saat menggunakan model pembelajaran konvensional yang tidak tuntas sebanyak 21 Orang dengan persentase 70%, sedangkan Siswa yang tuntas sebanyak 8 Orang dengan persentase 30%, dengan nilai rata-rata 57.00. Kata Kunci: Model STAD, Hasil Belajar Abstract: This study aims to determine the implementation of cooperative learning model STAD to improve student learning outcomes on economic subjects in class X SMA Wisuda Pontianak. The research problem, how the learning model student teams achievement divisions on economic subjects in class X SMA Wisuda Pontianak. The research method is a method of experimental study with pre-experimental design to study design One-group pretest-posttest. Subjects in the study were students 30 people. Data collection techniques and observation tests. Data collector is the achievement test and observation sheet. Student learning outcomes by using STAD model who completed a total of 18 people Students with a percentage of 60%, while students who did not complete as many as 12 people Students with a percentage of 40% with an average value of 75.17. While the value of Students when using conventional learning models who did not complete as many as 21 people with a percentage of 70%, while students complete as many as 8 people with a percentage of 30%, with an average value of 57.00. Keywords: Model STAD, Learning Outcomes