PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK SWASTA PANCA BHAKTI

Main Authors: Ardila, Liberti Mega, ., Khosmas, Genjik, Bambang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15804
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15804/13863
Daftar Isi:
  • Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar Siswa terhadap hasil belajar Siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X akuntansi 2 di SMK Swasta Panca Bakti. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan. Populasi berjumlah 40 Siswa. Data diambil dengan teknik komunikasi langsung yaitu dengan wawancara secara langsung, teknik komunikasi tidak langsung yaitu alat perantara angket serta studi documenter Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linear sedehana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa memiliki pengaruh terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan formulasi Y= 64,745 + 0,196X. Berdasarkan perhitungan menggunakan program Computer Statistical Product and Service Solution (SPSS 16.0), dihasilkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,309 > 2,0244. Oleh karena thitung > ttabel maka Ha diterima Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X akuntansi 2 pada mata pelajaran kewirausahaan dan mempunyai pengaruh sebesar 12,3%. Kata Kunci: motivasi belajar, hasil belajar, kewirausahaan Abstract: This study aims to determine the effect of student learning motivation on learning outcomes Students on entrepreneurship subjects in class X Accounting 2 SMK Swasta Bakti Panca. The method used is descriptive method with the form of research studies the relationship. The population numbered 40 students. Data taken with the technique of direct communication is by direct interview, indirect communication technique that is an intermediary tool questionnaire and documentary study Data analysis technique using linear regression simplistic. The results showed that the students' motivation to have an influence on the formulation of learning outcomes indicated by Y = 64.745 + 0,196X. Computer programs based on calculations using Statistical Product and Service Solution (SPSS 16.0), resulting tcount > ttable is 2.309 > 2.0244. Therefore tcount > ttable then Ho Ha received rejected, which means there are significant student motivation on the results of class X student of accounting 2 on the subjects of entrepreneurship and have the effect of 12.3%. Keywords: learning motivation, learning outcomes, entrepreneurship