PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI KEGIATAN PENCAMPURAN WARNA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Main Authors: Yunani, ., R, Marmawi, ., Halida
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15782
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15782/13847
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan umum dalam penelitian ini adalah: Peningkatan Kemampuan Sains melalui Kegiatan Pencampuran Warna pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Anak Shaleh Mempawah. Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran sains melalui kegiatan pencampuran warna pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Anak Shaleh Mempawah. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan 2 (dua) kali pertemuan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas terhadap 20 orang dengan prosedur penelitian terdiri dari: persiapan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Hal ini dapat dibuktikan dari siklus pertama pertemuan 1 dan 2 anak belum memiliki kemampuan menyebutkan jenis-jenis warna dan anak belum dapat menunjukkan hasil pencampuran warna merah dan biru, serta anak belum dapat menunjukkan hasil pencampuran warna biru dan kuning, yakni dengan kategori cukup sedangkan pada siklus kedua pertemuan kedua semua anak tuntas dalam menyebutkan jenis-jenis warna dan anak dapat menunjukkan hasil pencampuran warna merah dan biru, serta anak dapat menunjukkan hasil pencampuran warna biru dan kuning yakni dengan kategori baik. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya kreatif menyiapkan alat peraga sains, persiapan pembelajaran sains dan memberi reward kepada anak. Kata Kunci : Sains, Pembelajaran, Kegiatan Pencampuran Warna Abstract: The general objective of this research is: Upgrades Color Mixing Science through activities in Childhood 5-6 Years in TK IT Anak Shaleh Mempawah. This study was done to improve the learning process of science through color mixing in children aged 5-6 years in TK IT Anak Shaleh Mempawah. This classroom action research was conducted in two cycles. At each cycle conducted two (2) meetings. The method used is descriptive method with a form of action research on 20 people with the research procedure consisted of: preparation, execution, observation or observation, and reflection. This is evident from the first cycle of meetings 1 and 2 children do not have the ability to mention the kinds of colors and the children can not show the result of mixing red and blue, as well as the child has not been able to show the result of mixing blue and yellow, ie with enough categories while at the second cycle of the second meeting all the children thoroughly in mentioning the types of color and children can show the result of mixing red and blue, as well as children can show the result of mixing blue and yellow that good category. Suggestions in this study, teachers should be creative on a prop in science, science lesson preparation and giving rewards to the child. Keywords: Science, Learning, Color Mixing Activity