PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN TEKNIK PEMODELAN DI MA KHULAFAUR RASYIDIN KUBU RAYA
Main Authors: | Nulhakim, Lukman, ., Abdussamad, ., Syambasril |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15731 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15731/13814 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI IPA MA Khulafaur Rasyidin Kubu Raya menggunakan teknik pemodelan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil dan pembahasan menunjukan bahwa teknik pemodelan dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI IPA MA Khulafaur Rasyidin Kubu Raya. Siklus pertama nilai rata-rata siswa 73,7 dari kriteria ketuntasan minimal 75. Selanjutnya, dilaksanakan tindakan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas menggunakan teknik pemodelan telah berhasil meningkatkan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas XI IPA MA Khulafaur Rasyidin Kubu Raya. Kata kunci : Keterampilan Menulis Drama, Teknik Pemodelan Abstract: This research aimed to explain the improvement of text drama writing ability by the XI IPA students of MA Khulafaur Rasyidin Kubu Raya using modeling techniques. The type of this research was the Classroom Action Research (CAR). The method used was a descriptive qualitative method. The research was conducted in two cycles. The results and discussion showed that modeling techniques can enhance the playwriting ability of the XI IPA students of MA Khulafaur Rasyidin Kubu Raya. In the first cycle, the students' average score was 73.7 out of the minimum completeness criteria, 75. Then the second cycle was done and the students’ average score increased to 79. It can be concluded that the classroom action research using modeling techniques has succeeded in improving the playwriting ability of XI IPA students of MA Khulafaur Rasyidin Kubu Raya. Keywords : Text Drama Writing, Modeling Tehniques