PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA PADA HUKUM ARCHIMEDES DI SMP

Main Authors: Ardi, ., ., Tomo, TMS, Haratua
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15705
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15705/13797
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Novick dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada materi Hukum Archimedes di kelas VIII SMPN 2 Segedong Kabupaten Mempawah. Bentuk penelitian berupa pre-experimental design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sebanyak 24 siswa kelas VIII-B mengikuti kegiatan penelitian ini hingga selesai. Ada tiga hasil yang diperoleh yaitu: rata-rata penurunan persentase miskonsepsi siswa sebesar 32,95 %; terjadi perubahan konseptual berdasarkan Uji Mc Nemar (= 57.65, dk = 1, α = 5%); dan tingkat efektivitas remediasi tergolong sedang (rata-rata ΔS = 0,36). Berdasarkan hasil tersebut, penerapan model pembelajaran Novick efektif dalam meremediasi miskonsepsi siswa, sehingga diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif model pembelajaran dalam pembelajaran fisika. Kata Kunci: model pembelajaran Novick, miskonsepsi, remediasi Abstract: The purpose of this research was to know the effectiveness of Novick learning model in remedied student’s misconception about Archimedes Law in VIII Grade of SMPN 2 Segedong Kabupaten Mempawah. The research method used the pre-experiment design with One Group Pretest-Posttest Design. 24 students of VIII-B Grade had followed this research activity until finished. There were 3 results was founded: the average of percentage decrease of student’s misconception is 32,95%; the conceptual change occured based on Mc Nemar Test (= 57.65, dk = 1, α = 5%); and the remediaton effectiveness level is middle (the average of ΔS = 0,36). Based on the result, the implementation of Novick learning model was effective on remedied student’s misconception. Hopefully, it can become an alternative of learning model in physics instruction. Keywords: Novick’s Learning Model, misconception, remediation