PERAN GURU DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KRISTEN IMMANUEL II SUNGAI RAYA
Main Authors: | Paruha, Brigita Ellsa, ., Aswandi, Yuniarni, Desni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15685 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15685/13776 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai pembimbing, motivator dan fasilitator dalam melatih kemandirian anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Kristen Immanuel II Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak usia 5-6 tahun di kelas B3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai pembimbing, membimbing anak-anak, mengawasi anak, menjelaskan dan memberi contoh terlebih dahulu kepada anak, dan memberi kesempatan kepada anak untuk mencoba melakukannya sendiri. Guru sebagai motivator, memotivasi anak-anak dengan memberikan pengertian, semangat dan pujian. Guru sebagai fasilitator, memberikan fasilitas seperti mainan-mainan, buku-buku pembelajaran dan memfasilitasi kegiatan anak. Kata Kunci: Peran Guru, Kemandirian, Anak Usia Dini Abstract: This study aims to determine the role of the teacher as a mentor, motivator and facilitator in training independence of children aged 5-6 years in kindergarten Immanuel Christian II Sungai Raya. The method used in this study is a qualitative method. The subjects were teachers and children aged 5-6 years in the class B3. The results showed that the role of teachers as mentors, guiding children, supervise children, explain and give examples of prior to the child, and provide opportunities for children to try to do it yourself. Teachers as a motivator, motivating children to give understanding, encouragement and praise. Teacher as facilitator, providing facilities such as toys, books and facilitate children's learning. Keywords: Role of Teachers, Independence, Early Childhood