PERAN PEMBINA PRAMUKA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOLIDARITAS ORGANIK SISWA SMA NEGERI 1 KAYAN HULU
Main Authors: | Sriyati, Martha, Rivaie, Wanto, Salim, Izhar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15533 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15533/13675 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembina pramuka melalui penanaman sikap solidaritas organik, Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, alat pengumpulan data panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian melalui perasaan moral, semua anggota regu mengamati materi yang diberikan pembina pramuka, kepercayaan bersama, berdiskusi atau musyawarah berusaha untuk menerima pendapat dan selalu menerima apa yang menjadi keputusan dan siap menerima kritikan, menerima masukan dan kritikan dari anggota lain, melalui pengalaman emosional, peranan pembina pramuka diwujudkan peserta didik dengan selalu dapat menahan emosi dan tidak gegabah, berani memberikan anggapan yang dirasa benar dan dapat bertanggung jawab atau apa yang dilakukan, tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh senior dan berjanji kepada siapapun termasuk tugas-tugas yang diberikan dalam penanaman sikap solidaritas organik di SMA Negeri 1 Kayan Hulu. Kata kunci :Peran, Pembina pramuka, Solidaritas Organik Abstract: The purpose of this research is to know the role of scout leader by planting an organic solidarity, method used is qualitative descriptive. Data collection techniques are observation, interview and documentation study, data collection tools guide observation, interview, and documentation. The results of research through the moral sense, all team members observe the material provided scoutmaster, mutual trust, discussion or deliberation trying to receive opinions and always accept what the decision and is ready to accept criticism, accept feedback and criticism from the other members, through the emotional experience, the role of scoutmaster realized learners to always be able to hold back the emotion and not reckless, dare to give presumption that feels right and can be held responsible or what you do, do not break the rules set by senior and promised to anyone, including the tasks given in planting organic solidarity in SMA Negeri 1 Kayan Hulu. Keywords: Role, Scout Coach, Organic Solidarity