REMEDIASI MISKONSEPSI HUKUM ARCHIMEDES MENGGUNAKAN RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA SMA NEGERI 2 PONTIANAK

Main Authors: ADE SAPUTRA, DWI, Sutrisno, Leo, B. Arsyid, Syaiful
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15518
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15518/13657
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan mencobakan reciprocal teaching untuk meremediasi miskonsepsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pontianak tentang materi hukum Archimedes. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design tipe one group pre-test post-test design. Data diperoleh melalui metode Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi. Sebanyak 39 orang siswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Diperoleh persentase rata-rata penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 77,61%. Penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi pada benda tenggelam tidak mengalami gaya apung (100%). Penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi lubang pada sebuah benda menyebabkan benda tenggelam (40%). Serta penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi ukuran besar benda menentukan posisinya di dalam air (92,85%). Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif kegiatan remediasi bagi siswa agar dapat mengatasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Kata kunci: Recipocal Teaching, CRI termodifikasi. Abstract: Reciprocal teaching was conducted to remediate misconceptions on concepts of Archimedes Law of 10th grade students of the Pontianak Government High School No 2 using the one group pre-test post-test design. The modified of Certainty of Response Index (CRI) of multiple choise was administered among 39 students. The number of the students who have misconceptions decreases ranging from 40%-100%, in the average of 77.61%. It is expected that the reciprocal teaching could be used as an alternative remediation activities. Keywords: Reciprocal Teaching, Modified CRI.