PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI BERNYANYI SAMBIL BERGERAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Authors: | Maisari, ., R, Marmawi, ., Halida |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15479 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15479/13633 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Perkembangan kecerdasan kinestetik menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan anak usia dini sehingga diperlukannya pembelajaran kecerdasan kinestetik yang menyenangkan, salah satunya melalui bernyanyi sambil bergerak. Permasalahannya pendidik kurang kreatif dan tidak variatif dalam memberikan pembelajaran sehingga anak kurang tertarik dalam mengikutinya sehingga kemampuan kecerdasan kinestetik anak tidak berkembang. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode yang digunakan adalah deskriptif dalam pendekatan kualitatif . Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah dua puluh anak usia 5-6 tahun di RA Mujahidin Sungai Purun Kecil Kabupaten Mempawah tahun ajaran 2015/ 2016. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kecerdasan kinestetik melalui bernyanyi sambil bergerak pada anak usia 5-6 tahun di RA Mujahidin Sungai Purun Kecil Kabupaten Mempawah, dibuktikan dengan meningkatnya aspek kelenturan, keseimbangan, dan mengkoordinasikan tubuh, mata, tangan, dan kaki ketika bernyanyi sambil bergerak setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan Siklus II. Kata Kunci: Kecerdasan Kinestetik, Bernyanyi Sambil Bergerak. Abstract: The development of intelligence kinestetik into the inseparable in life early childhood so it is necessary learning intellegence kinestetik fun, one of them through the singing with a move. The problem of educators have less creative and variatif in provide a lesson so that children less interested in followed it so that the ability of intelligence kinestetik children do not thrive. The from of this research is research action class, the methods used is thedescriptive in his approach kualitatif. The techniques collecting data consisting of observations, the interview, and the documentation. the subject of this research is children aged 5-6 years in RA Mujahidin Sungai Purun Kecil District Mempawah academic year 2015/2016. Based on research that has done, then the result were obtained after being held data analysis in general can pulled the conclusion that there is an increase in intelligence kinestetik through singing, moving at the aged 5-6 years in RA Mujahidin Sungai Purun Kecil District Mempawah, as evidenced by increasing aspects flexing, balance, and coordinate body, eyes, hands and feet when singing while move after do action on cycle I and II cycle. Keywords: Intelligence kinestetik, singing while move.