PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK (SFAE) DI SMA SANTUN UNTAN
Main Authors: | Jaliya, ., Heryana, Nanang, ., Syambasril |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15419 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15419/13589 |
Daftar Isi:
- Abstrak:Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil pembelajaran berbicara menggunakan model kooperatif teknik SFAE. Dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitiannya kualitatif dan jenisnya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data penelitian diolah secara kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan (Planning), pelaksanaan (Action), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting) kegiatan pembelajaran. Pencapaian keterampilan berbicara (pratindakan) sebesar 65,35. Setelah menggunakan model kooperatif teknik SFAE meningkat sebesar 77,66 terjadi peningkatan keterampilan berbicara dengan model kooperatif teknik SFAE. Kemudian dilanjutkan ke siklus II untuk memperbaiki kendala yang dialami pada siklus I, pada siklus II terjadi peningkatan yaitu sebesar 81,78. Dengan demikian, pembelajaran berbicara menggunakan model kooperatif teknik SFAE di SMA Santun Untan Pontianak telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk, setelah diberi tindakan menggunakn model kooperatif teknik SFAE. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Kooperatif, Teknik (SFAE). Abstract: This Research was pointed out to the students in order to describe the speaking implementation and results in using co-operative learning (SFAE) technique. The researcher used descriptive. The method form was quantitative. The researcher used classroom action research. The researcher used instrument observation and test. The data was qualitative research. This research conducted for two cycles. Every cycles included planning, acting, observing, and reflecting. The first speaking skill before using the technique was 65.35. After using the co-operative learning (SFAE) technique the result was improving that was 77.66 Then proceed to the second cycle to correct the constraints experienced in the first cycle, the second cycle there was an increase in the amount of 81.78. From this result teaching speaking through script in using co-operative learning (SFAE) technique in Academic Year 2015/2016 had increased the students skill in speaking. Key word: Speaking Skills, Co-operative, Technique (SFAE).